Jumat, 19 November 2010

Gapai Sukses dengan mengatur waktu

Gapai Sukses dengan mengatur waktu

Rasulullah (S.A.W.) pernah bersabda: "Ada dua kenikmatan yang membuat banyak orang terpedaya yakni nikmat sehat dan waktu senggang." (HR. Bukhari)

Dalam minggu ini saya disibukkan dengan tambahan pekerjaan ekstra selain menyelesaiakn desertasi dan kegiatan serta urusan PCINU yang mengharuskan saya turn tangan, banyak teman-teman dari Cairo meminta saya menjadi jembatan untuk menyelesaikan urusan-urusan perkuliyahannya di Sudan. Juga sedang terkejar deadline yang saya buat sendiri, dan saat ini seakan waktu yang saya punya tidaklah cukup, padahal Kita semua diberi anugrah oleh Allah SWT. berupa waktu yang sudah ditentukan lama dan tidaknya. Jatah waktu yang kita miliki tak dapat ditambah atau dikurangi. Waktu yang dimiliki semua orang jumlahnya 24 jam sehari, semuanya sama..

Sekarang yang menjadi persoalan bukan lama atau tidaknya kesempatan waktu yang kita miliki, tetapi seberapa pandai kita menggunakan waktu tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain dan alam semesta. Waktu adalah anugrah yang sangat berharga, jauh lebih bernilai dibandingkan materi sebesar apa pun. Demikian pentingnya waktu yang tak lain adalah nasib dan kehidupan kita sendiri. Bila kita menyia-nyiakan waktu, sama seperti kita mematikan masa depan dan membunuh diri kita secara perlahan. Oleh sebab itu manfaatkanlah waktu hanya untuk tujuan-tujuan yang positif.
Sukses merupakan hasil dari kebiasaan. Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperlancar bagaimana kita menggunkan waktu, yakni dimulai dengan kebiasaan kita (kontrol diri). Dan kebiasaan ini dimulai sebagai pembuatan keputusan secara sadar.
Membiasakan selalu disiplin akan waktu, menghargai waktu sejak kecil merupakan hal penting. Dengan demikian, kita akan terbiasa untuk mengatur hidupan kita secara mandiri dan optimal untuk merencanakan berbagai macam aktivitas.

untuk melaksanakan manajemen waktu yang optimal, memang perlu ditunjang dengan adanya keinginan yang kuat, tindakan yang terus menerus, aktif, lapang dada, penuh optimisme, berpengetahuan luas, mampu memadukan berbagai pemikiran dan mampu mengendalikan emosi dalam banyak kasus, sukses bukan dihasilkan dari hal yang tak biasa, tapi lebih sebagai hasil dari kemampuan seseorang untuk 'menguasai keduniawian'. Dengan konsisten menampilkan seluruh tugas penting yang belum sempurna, sejalan dengan waktu aktivitas ini akan berubah jadi pencapaian besar.

Ada beberapa tips sederhana yang dapat diikuti untuk melakukan pengaturan waktu yang lebih baik:

  • Lakukan saat ini juga. Jangan Menangguhkan. Saat kita menunda sesuatu, itu berarti kita membunuh daya gerak pencapaian pada tujuan saat ini dan menghalangi kesempatan di masa mendatang lantaran waktu yang tersumbat. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan merancang deadline untuk tujuan yang harus dicapai. Menghindari deadline terakhir membawa penundaan yang diatur tujuan sebagai perantara untuk mencapai setingkat demi setingkat menuju tujuan.
  • Buat agenda untuk mengetahui Aktivitas kita. Memori adalah penuntun yang payah, jika ini berhubungan dengan menetapkan bagaimana kita melewatkan waktu kita. Cara terbaik untuk merekam aktivitas kita sepanjang hari adalah dengan mendata apa yang kita lakukan. Kebanyakan orang akan menemukan kalau mereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisiean. Kurangi waktu yang kita kadang tidak sadar bahwa itu kurang bermanfaat. Oleh karananya batasi kegiatan-kegiatan yang tak penting banget.
  • Buat Jadwal yang tepat. dalam memanfaatkan waktu yang efisien, pembuatan jadwal dalam agenda hidup, akan membantu kita lebih efektif dalam mengelola waktu dan mempercepat kita mencapai sukses
  • Berkonsentrasi Pada Hasil. Banyak orang melewatkan waktu mereka sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk-pikuk, itu saya juga alami, tapi hanya sedikit membuahkan hasil. Itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Jangan terkecoh antara bekerja secara efisien dan bekerja secara efektif. Aktivitas memang kadang dapat membebaskan dari tekanan tapi itu tak mencapai tujuan Anda. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit preoritas 'utama' secara teratur. Anda dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.
  • Gunakan Waktu Perjalanan Dengan Bijaksana. Sangat mudah untuk mengabaikan waktu yang dilakukan untuk menempuh perjalanan dalam penafsiran manajeman waktu. Pertimbangkan dengan hati-hati apakah ini merupakan waktu yang sesuai dimana kita dapat juga menggunakannya secara lebih produktif. Sebagai contoh, jika kita memilih naik bus atau ojek untuk menuju tempat kerja, apakah ini menyediakan kesempatan untuk membuat penggunaan waktu kita jadi lebih baik? Atau jika kita nyetir sendiri, apa kita bisa mendengarkan rekaman pendidikan atau motivasional yang dapat membuat kita memperbaiki ketrampilan dan lebih produktif
  • Bangun Rancangan Aksi. Sebuah rencana tindakan merupakan daftar pendek dari tugas yang harus dilengkapi untuk mencapai sebuah tujuan dimana fokus utamanya adalah pencapaian tujuan dan langkah untuk mencapainya secara spesifik dari pada hanya membuat tujuan untuk dicapai dalam periode waktu. Kapanpun kita ingin mencapai sesuatu, buat gambaran gambalng dari rencana tindakan, ini akan memberi kita kesempatan untuk lebih berkonsentrasi pada tahap pencapaian itu, dan memonitor progress pencapaian.
  • Merespon Dengan Cepat. menyelesaikannya urusan Ketika memungkinkan itu ada, lakukan tindakan pada hari yang sama saat kita menerimanya. Jangan biarkan pikiran kita jadi bertumpuk dengan hal yang tak berguna.
  • Bersikap Tegas. Belajarlah berkata tidak pada orang lain. Waktu kita sangat berharga. Jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan kita untuk kepentingan rencana mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin. Tutup pintu kita, matikan nada dering telepon atau minta dengan terus terang agar kita tidak diganggu.
  • Jadwalkan Waktu Untuk Bersantai. Saat kita mengatur waktu dan kepentingan Anda, pastikan untuk menyisihkan saat untuk bersantai.
Sebenarnya masih banyak tips yang bisa di lakukan untuk mencapai kesuksesan dengan mengatur waktu, namun semuanya kembali kepada individu masing-masing, bisa apa tidak? Penting apa tida? Seperti saya sulit sekali melakukan point kedua sebelum ahir, begitu halnya saya dengan poin terahir bagi saya tidak begitu penting, tentu dengan alasan-alasan peribadi denngan mempertimbangkan tujuan yang akan dicapai.

Walhasil, dengan kita bisa memanfaatkan atau memanage waktu yang ada kita dapat menciptakan peluang yang lebih besar, peluang untuk usaha lebih baik, peluang untuk beribadah lebih baik, peluang untuk kerja lebih baik, atau peluang menajadi sukses akan dapat di capai lebih singkat jika kita bisa memanfaatkan waktu
Banyak waktu, kesempatan terbuang dengan sia-sia. Banyak potensi yang diabaikan begitu saja. Dan tidak sedikit keterampilan yang dibekukan. Hal tersebut terjadi karena ketidaktahuan akan tujuan hidup. Tidak tahu mau dibawa kemana raga, pikiran, dan harapan. Sangat disayangkan. Sementara waktu bergulir begitu cepat. Kalau tidak dicari bersiap-siaplah untuk terlunta-lunta. Tanpa tujuan yang jelas.

Untuk itu, kita harus sebaik mungkin memainkan hidup. Terampil merebut cita-cita, terampil menyusun rencana, konsisten, dalam megatur waktu, karena waktu tidak akan bisa berputar kembali, sekali waktu terbuang, tak kan pernah waktu kembali. Dino wingi ora iso balik.Dengan kata lain, kita harus pandai-pandai meniti di atas titian waktu.

Orang yang sukses dan cerdas memanfaatkan waktu akan dapat mengerjakan banyak hal yang bermanfaat bagi kehidupannya, dan orang malas dan tidak mau dianggap pintar selalu membuang-buang waktu dengan sia-sia. dimana kah kategoi kita. dan salah satu langkah awal untuk menggapai mimpi adalah kita harus bisa mengatur waktu yang ada. Bukankah begitu?

DR. H. Moh. Badrussalam Shof

Tidak ada komentar:

Posting Komentar